Selasa, 20 Oktober 2009

"AMANDEL"

Amandel atau tonsil merupakan kumpulan jaringan limfoid yang terletak pada kerongkongan di belakang kedua ujung lipatan belakang mulut. Amandel sendiri berfungsi mencegah agar infeksi tidak menyebar ke seluruh tubuh dengan cara menahan kuman memasuki tubuh. Oleh karena itu kelenjar amndel ini meradang. Peradangan pada Kelenjar amandel ini disebut dengan tonsilitis, penyakit ini merupakan salah satu gangguan THT (Telinga Hidung & Tenggorokan). Tonsilitis dapat bersifat akut atau kronis. Bentuk akut yang tidak parah biasanya berlangsung sekitar 4-6 hari, dan umumnya menyerang anak-anak pada usia 5-10 tahun. Sedangkan radang amandel/tonsil yang kronis terjadi secara berulang-ulang dan berlangsung lama.
Beberapa upaya yang dapat kita lakukan sendiri dirumah untuk pencegahan, perawatan dan pengobatannya dilakukan beberapa langkah seperti
Diusahakan untuk minum banyak air atau cairan seperti sari buah, terutama selama demam agar mengurangi bengkak. Jangan minum es, sirop, es krim, makanan dan minuman yang didinginkan, gorengan, makanan awetan yang diasinkan, dan manisan. Berkumur air garam hangat 3-4 kali sehari. Menaruh kompres hangat pada leher setiap hari. Diberikan terapi antibiotik (atas petunjuk dokter) apabila ada infeksi bakteri dan untuk mencegah komplikasi.Istirahat yang cukup.Http://ilmukesehatanku.wordpress.com/2009/05/20/
Untuk mengatasi penyakit amandel dengan ramuan tradisional, Anda bisa menggunakan resep sebatang kunyit (cucurma domestica). Kupas, cuci bersih lalu parut. Beri sedikit air matang. Peras lalu tambahkan satu sendok the madu. Minum ramuan ini setiap hari. Ulangi sampai radang amandel hilang.
Selain itu bisa menggunkan ramuan dari temulawak sekitar 0,25 – 0,5 g temulawak kering sehari atau sekitar 1 – 2 rimpang segar dengan air secukupnya jangan terlalu pekat agar tidak berasa getir dan anak mau meminumnya, kemudian tambahkanlah madu agar berasa enak, minumkan segelas setiap hari.
Ramuan lain yang bisa digunakan adalah air perasan buah mengkudu ( Morinda Citrifolia ) 3 sendok makan, air perasaan kunyit (1 sendok makan), madu murni (1 sendok makan) dan air matang (3 sendok makan).
Semua bahan diaduk rata, kemudian ambil 3 sendok makan campuran tadi dan campur dengan ½ gelas air matang dan aduk. Ramuan ini dapat diminum sampai 3 kali sehari.Yang harus diperhatikan, ramuan tradisional yang dibuat tanpa perebusan sebaiknya langsung dikonsumsi dan tidak boleh disimpan. Sebaiknya hindari minuman dingin, cokelat dan goreng-gorengan.(http://thunder777.blogspot.com/2009/07/tips-penyakit-amandel.htm)
AMANDEL Sulit hilang tapi untuk mencegah supaya tidak semakin bahaya/menghentikannya pelan2 bisa. dg cara :
-joging tiap hari pagi atau sore, kalau bisa di udara laut.
-usahakan kamu selalu menghirup udara bersih dan sehat
-pernapasan Tuhan(pernafasan dgn dzikir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar